Kurangi Polusi Udara Jakarta Semua Kementerian WFH Mulai Senin Besok

Situasi gedung pencakar langit di Jakarta

Pemerintah berencana menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk ASN dari seluruh Kementerian. Upaya ini dilakukan guna mengurangi udara panas atau polusi di wilayah Jabodetabek yang semakin parah.

Sebagaimana dilansir detik.com pada Jumat (18/08/2023) lalu Luhut Binsar Pandjaitan mengumpulkan Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, hingga Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto di kantor Kemenko Marves.

Pertemuan tersbeut bertujuan untuk menemukan berbagai upaya menangani polusi udara di Jabodetabek.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan hasil rapat di kantor Kemenko Marves. Heru Budi mengungkapkan bahwa dalam rapat tersebut, Luhut memberikan arahan agar seluruh kementerian menjalani work from home (WFH).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga menyampaikan pesan hasil kesepakatan rapat di Kemenko Marves dimana telah disepakati WFH.

“Ya dalam rapat dengan Pak Menko Marinves, salah satu rekomendasinya kita sama-sama ya, seluruh kementerian sepakat untuk WFH,” kata Budi kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2023).

Budi menambahkan bahwa kebijakan WFH teknisnya akan dibuatkan aturan tertulis yaitu dalam bentuk surat edaran. Yaitu dengan melibatkan Menteri PAN-RB.

“Ini lagi kita bahas MenPAN-RB untuk dapat dikeluarkan (aturan tertulis), jadi ini akan efektif,” ucapnya.

“Tadi pak menteri mengarahkan untuk work from home. nanti semua Kementerian WFH,” kata Heru Budi saat ditemui usai rapat di Kemenko Marves, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (18/08/2023).